Bani Cyber Blog - Trafik blog yang tinggi atau banyak pembaca/pengunjung pasti merupakan impian dari blogger indonesia "negeri tercinta kita ini". Agar trafik blog tinggi, kita harus menerapkan teknik SEO pada blog kita, SEO [Search Engine Optimization] sendiri berguna agar blog mudah di rayapi oleh google.


Cara membuat blog lebih SEO [Cek Hasil 100% versi Chkme.com]


Selain SEO, Model template blog yang clean dan tidak menganggu pemandangan mata saat membaca juga salah satu alasan pengunjung datang dan ingin berlama lama membaca postingan blog kita. Saya juga memiliki rekomendasi template bagi kamu yang suka dengan template yang elegan, 2 template elegan dan enak dilihat.


Pengunjung yang naik turun itu masih wajar. Namun, mengapa bisa trafik pengunjung blog naik tiba tiba secara vertikal, lalu jatuh kebawah dalam hitungan menit atau jam. Pasti ada penyebab pastinya mengapa itu bisa terjadi. Nah, di postingan ini saya akan menjelaskan secara lengkap "Alasan/Penyebab Trafik Blog Naik Tiba Tiba dan Langsung Turun Drastis".


Mari kita bahas dari yang pertama.


1. Auto Visitor Cheat [Jingling]

Auto visitor merupakan cara curang yang dilakukan oleh seseorang untuk menurunkan peringkat suatu blog saingannya di mesin pencari, misalkan google.com, bing.com, yahoo.com. Blogger Indonesia memberi istilah pada kegiatan auto visit yaitu Jingling.


Jingling dilakukan dengan menggunakan cheat tool. Auto visit merupakan cara curang yang kurang asik di dengar di telinga, namun masih banyak yang melakukannya. Ada yang menggunakannya hanya untuk sekedar menjahili dan ada juga yang benci dengan suatu blog.


Emang apa aja sih ciri ciri blog yang terkena teknik curang satu ini, berikut detailnya.

  • Pageview blog biasanya sedikit perharinya, namun bisa naik hingga puluhan ribu.
  • Menggunakan IP yang sama atau hampir sama dalam melakukan aksinya.
  • Visitor nya kebanyakan berasal dari amerika serikat [luar negeri lah pastinya]
  • Menggunakan browser yang sama. [kebanyakan pake IE]
  • Trafik PV blog nya akan seperti jarum [langsung menukik jatuh kebawah]
  • Page Rank Alexa mendapat posisi semakin di depan.

Apabila ciri ciri diatas terjadi pada blog mu, kamu bisa mencekal bot bot lain selain dari googlebot. Tips nya bisa kamu lihat, berikut tipsya.


  1. Blogger.com > Setelan > Preferensi Penelusuran > Robot.txt Khusus > Edit.
  2. Masukkan kode berikut di kotak kolom robot.txt.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: http://www.banicyber.net/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

  • Ganti http://www.banicyber.net/ dengan url blog kamu.
  1. Simpan Setelan


Oiya, apabila kamu tidak memasang kode diatas di blog mu, lalu ada yang melakukan jingling pada blog mu. Blog mu akan berakibat buruk, apa saja akibat atau dampak buruk dari aktivitas Jingling ini. Berikut selengkapnya.

  • Apabila postingan blog mu di halaman pertama, gak akan lama lagi hilang tuh.
  • Blog mu akan di anggap spam oleh google dan tentunya dihapus oleh google.
  • Mungkin akan diperingatkan oleh google dulu, dengan google sandbox dan google penalty
  • Kehilangan visitor murni dari google.com atau google.co.id

Parah banget kan... sangat merugikan untuk blog kita. Apalagi bagi blog kita yang berbisnis dengan google adsense alias publisher adsense. Pasti kena banned dari google adsense. Sampai sekarang saya masih bingung apa untung nya seseorang yang melakukan jingling.


2. Google Honeymoon Period

Apa itu Google Honeymoon? Google Honeymoon adalah salah satu algoritma google untuk menilai suatu blog, google akan menaikkan salah satu atau beberapa postingan blog ke posisi pertama untuk dinilai kontennya dan diberi rating oleh google. Fenomena ini hanya terjadi selama 24-48 jam saja, kalau lebih itu berarti google lagi bahagia :D.


Google honeymoon juga sering identik dengan aktivitas jingling, karena google honeymoon dapat menaikkan page view blog lebih dari biasanya walaupun tidak sebanyak auto visitor.


Berdasarkan penjelasan diatas, kita pasti dapat menyimpulkan bahwa google honeymoon period tidak berbahaya bagi blog. Karena algoritma ini dibuat & dilakukan oleh google untuk menilai konten suatu postingan blog.


Itulah penjelasan singkat namun lengkap mengenai penyebab trafik naik tiba tiba dan cara mengatasinya, kalau ada penjelasan lain dari kamu. Bisa kamu sampaikan lewat komentar, saya akhiri artikel ini dengan wasalamualaikum :)

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel via email agar kamu mendapatkan info mengenai update artikel dari blog ini via email.


3 Tanggapan untuk "Trafik Blog Naik Tiba Tiba? Ini 2 Penyebab nya!"

  1. Ane belum tau tuh,, pasal penyebab jinjling. Thanks gan

    ReplyDelete
  2. Artikelnya beranfaat banget buat blogger pemula seperti saya

    ReplyDelete
  3. Kayaknya sedang saya alami, visitor harian biasanya 900san sekarang gokil jadi 3600san.

    ReplyDelete