Reduce Javascript Execution


Bani Cyber Blog - Cara Mengurangi Waktu Proses Javascript pada Blog di PageSpeed Insight. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan javascript? Menurut Wikipedia, Javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. Javascript ini biasanya digunakan pada blog untuk menambahkan efek khusus melalui AJAX.


Untuk peletakannya, javascript yang beresktensi .js biasanya ditaruh di bagian awal <head> dan untuk script bisa juga diletakkan di antara <body>. Penggunaan javascript sebenarnya sangat membantu dan juga dapat membuat tampilan blog lebih menarik. Namun sayangnya, penggunaan javascript dapat membebani waktu proses membuka blog.


Setiap javascript yang kamu tambahkan ke blog, itu dapat menambah ukuran dari blog kamu. Akibatnya, yang sudah saya sebutkan tadi. Blog kamu sedikit membutuhkan waktu lebih lama untuk membukanya dan ini dapat mempengaruhi SEO blog teman teman.


Kamu dapat menganalisis kecepatan situs blog kamu di Google Page Speed Insight dan GT Matrix. Apabila hasilnya berwarna HIJAU, situs kamu dikategorikan cepat.


Sebaliknya, jika situs kamu hasilnya berwarna MERAH dan KUNING situs kamu dikategorikan lambat. Untuk itu, kamu bisa melihat detail hasil untuk memastikan mengapa situs kamu menjadi lambat.

Mempercepat Javascript pada GTMetrix
Hasil Laporan GTMetrix untuk Blog Ini


Jika salah satu penyebab situs kamu menjadi lambat karena pemasangan javascript, kamu bisa mencoba mengatasi nya dengan cara yang akan saya berikan. Langkah langkah nya cukup mudah dan dilakukan dalam waktu singkat.


Berikut ini adalah langkah langkah untuk mengatasi javascript yang berat pada blogger.


  1. Langkah 1. Masuk ke Blogger kamu dan pilih Template/Tema dan klik Edit HTML

Mengurangi Waktu Javascript

  1. Langkah 2. Cari javascript yang membebani waktu proses blog mu. Saya akan beri contoh dengan kode berikut:
<script src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.0/jquery.min.js'/>
  1. Jika kamu sudah menemukan javascript seperti itu, hapus kode tersebut.
  2. Kemudian ganti dengan kode yang sudah merahkan dibawah ini
<script id='script-batch' type='text/javascript'> (function(d){ var js = d.createElement(&#39;script&#39;); js.async = true; js.defer = true; js.src = &quot;https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.0/jquery.min.js&quot;; d.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0].appendChild(js); }(document)); </script>
  1. Kemudian klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Setelah langkah langkah diatas sudah kamu ikuti dengan benar, kamu bisa mengecek kecepatan blog mu lagi di Google PageSpeed Insight atau situs analisis lainnya untuk memastikan skor akhirnya. Kamu bisa mencoba trik ini untuk semua javascript yang bermasalah pada blog mu.


Itulah tutorial singkat dari saya. Selamat mencoba teman teman :)

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel via email agar kamu mendapatkan info mengenai update artikel dari blog ini via email.


0 Tanggapan untuk "Cara Meringankan Javascript di GTMetrix & PageSpeed Insight"

Post a Comment